Cari tau kesehatan anda dari warna pada kuku kaki

Warna Kuku Kaki Bisa Mengukur Kesehatan

Berita Terbaru Kesehatan

Warna Kuku Kaki, Cari Tau Kesehatan Dari warna Kuku Kaki – Dibandingkan dengan kuku tangan, kuku kaki kerap disepelekan. Padahal, bentuk dan warna kuku kaki bisa mengungkap kesehatan Anda, lho.

Karena sering tertutupi oleh sepatu. Terkadang kuku kaki sering tidak di perhatikan kondisinya dibandingkan dengan kuku tangan. padahal bentuk dan warna pada kuku kaki kita bisa memberitau kondisi kesehatan kita.

Kuku kaki merupakan bagian yang paling sering di abaikan tentang kondisi dan kebersihannya. Padahal kuku kaki juga berpengaruh dalam kesehatan tubuh, karena merupakan bagian dari tubuh manusia. karena merupakan bagian tubuh dari manusia, kuku kaki bisa menjadi tempat berkembang nya bakteri penyebab penyakit. oleh karena itu menjaga kebersihan pada kuku kaki juga merupakan hal yang utama.

Perubahan warna dan bentuk pada kuku kaki bisa saja mempengaruhi kesehan kalian terutaman pada bagian hati, jantung atau paru-paru.

perubahan warna pada kuku kaki anda. Berikut adalah beberapa warna yang kemunculannya wajib anda waspadai.
1. Ungu

Kuku kaki yang berwarna ungu diakibatkan oleh Hematoma Subungual atau memar di bagian bawah kuku kaki. hal ini terjadi karna membuluh darah yang terdapat dibawah kuku menodai kuku. Sehingga warna pada kuku berubah menjadi keunguan. Biasanya terjadi karna trauma pada kuku contohnya tersandung atau tertimpa benda yang keras.

kalau sudah terjadi hal seperti ini. Hanya ad 2 cara mengatasinya. Yang pertama membiarkan kuku yang trauma tersebut sembuh dengan sendiri nya. Dan yang kedua membawa kedokter untuk mencabut kuku, apa bila terjadi kerusakan pada kuku.

2. Kuning atau Cokelat

Jika pada kuku terdapat perubahan warna menjadi kuning ato cokelat. Berarti terdapat masalah pada sistem pernapasan. meski begitu tidak bisa kita katakan bahwa hal tersebut menunjukan masalah pada pernapasan. Warna tersebut bisa juga disebabkan oleh kompilasi diabetes atau jamur pada kuku.

Apabila hal itu disebabkan oleh jamur, maka kukunanti akan menebal dan rapuh. Hal ini terjadi ketika jamus mikroskopis menginfeksi satu atau lebih kuku. Jamur miktoskopis ini biasanya berkembang dalam lingkungan gelap, hangat, dan lembap.

3. Putih

Leukonychia atau garis-garis putih yang terdapat pada kuku dapat menunjukan beberapa kondisi. Garis putih dapat muncul jika ad trauma atau tekanan berulang pada kuku. Contohnya Menggunakan sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran kaki atau sempit dan tidak pas.

Jika bintik-bintik putih terjadi disebabkan oleh cidera. Cobalah mengkonsumsi vitamin untuk kuku Seperti Biotin. kalian juga harus waspada pada gejala lain seperti kelelehan otot. Ini bisa jadi kekurangan protein atau anemia, yang mengharuskan anda berkonsiltasi dengan dokter.

4. Hitam

Kalau kuku kaki berwarna hitam memiliki banyak penyebab, seperti kekurangna vitamin B12, masalah pada ginjal, dan hati. Namin alasan yang paking umum untuk perubahan warna ini biasanya disebabkan oleh memar. Jika ini terjadi anda harus menunggu seluruh kuku tumbuh sebelum perubahan warna itu hilang. Biasanya memakan waktu 6-9 bulan.

Apabila kuku kalian tidak hitam tapi memiliki garis berwarna hitam biasanya disebabkan oleh melanonychia linear. Yaitu kondisi yang terjadi kertika pigmen dikuku yang di kenal sebagai melanosit membuat pigmen berlebih, yang menyebabkan kuku berwarna hitam. kuku kaki yang menhitam juga bisa disebabkan karna faktor medis seperti mengkonsumsi obat tertentu, kemoterapi, kanker kulit, atau penyakit imunodefenisi seperti HIV, Lupus atau skleroderma.

 

Jadi mulai sekarang jangna hanya kuku tangan saja yang di perhatikan. Tapi waspada juga terhadap perubahan warna pada kuku kaki. jika ada perubahan warna cobalah menjadikan empat warna tersebut sebagai acuan sebelum kalian memeriksanya ke dokter jika anda merasakan keluhan yang tak wajar.

 

Baca juga : Buah Sirsak, 5 Manfaat Buah Sirsak Buat Kesehatan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *