Buah sirsak, 5 Manfaat Buah Sirsak Buat Kesehatan

Buah sirsak, 5 Manfaat Buah Sirsak Buat Kesehatan

Berita Terbaru Kesehatan

Manfaat buah sirsak – Bisa dibilang, sirsak adalah salah satu buah favorit masyarakat. Berdaging buah berserat dengan rasa sedikit asam tapi segar, ternyata buah yang berasal dari Karibia ini mengandung banyak manfaat untuk kesehatan Anda.

Sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2 yang cukup banyak. Namun, Anda harus waspadai bijinya karena beracun dan kerap digunakan sebagai insektisida alami sebagaimana biji srikaya.

Selain untuk di konsumsi Sirsak juga bisa di buat untuk berbagai macam bahan makanan dan minuman. Contoh nya di jadikan jus, Bahan makanan penutup dan ada juga yang menggunakan sirsak untuk bahan obat tradisional.

Penasaran dengan apa saja manfaat buah Sirsak bagi kesehatan. Berikut informasinya.

5 Manfaat buah sirsak

1. Menjaga dan Meningkatkan kesehatan Pencernaan :

Sirsak merupakan sumber serat yang sangat baik dengan kandungan 7,4 gram per cangkir, yang bisa membantu kita dalam mengatasi konstipasi serta mengurangi gejala peradagan. Buah yang di juluki durian belanda atau nagka belanda ini bisa membantu melawan penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat.

2. Bagus Untuk Sistem Kekebalan Tubuh :

Sirsak juga mengandung Vitamin C yang mana ini baik untuk sistem kekebalan tubuh. Satu cangkir sirsak. Setidaknya kita akan memperoleh 46mg Vitamin C yang membantu mengurangi keriput pada kulit. dan juga bisa menambah daya tahan tubuh kita. Penelitian menyimpulkan bahwa seseorang yang kekurangan Vitamin V akan lebih rentan terkena infeksi.

3. Membantu Menstabilkan Tekanan Darah : 

Selain mengandung 47mg zat besi, sirsak juga mengandung 626mg kalium (atau potasium) dalam secangkir sirsak. Kalium dan Natrium itu saling berkaitan. Yang mana jika di artikan apabila kadal kalium rendah berarti natrium tinggi, yang mana dimaksud adalah tekanan darah tinggi.

4. Memiliki Senyawa Untuk Melawan Kanker :

Menurut penelitian, Sejumlah senyawa yang terdapat di dalam buah sirsak bersifat antikanker. walaupun begitu, tetap harus di lakukan penelitian yang lebih lanjut tentang antikanker tersebut. agar dapat digunakan di masa depan sebagai pencegah kanker. Studi yang dilakukan oleh lembaga Oxidative Medicine and Cellular Longevity. Mengatakan bahwa, efek antiinflamasi graviola para sirsak memiliki prospek menjanjikan untuk melawan jenis kanker tertentu. Walaupun begitu tanpa adanya uji klinis, semuanya hanyalah kemungkinan.

5. Bagus Untuk Memperlancar Saluran Pernapasan

Jika kalian sedang terkena flu, batuk, atau memiliki gangguan pernafasan lain, coba deh konsumsi sirsak. Buah ini memiliki ekspektoran sehingga bisa di andalkan untuk menghilangkan dahak dan lendir yang mana b anyak patogen atau virus yang dapat tumbuh dan hidup. Selain itu sirsak juga memiliki asam askrobat yang mampu melawan radikal bebas dan infeksi. Dengan berkurangnya virus, anda juga dapat mempercepat penyembuhan flu dan batuk yang sedang di alami.

Selain buahnya, daun sirsak juga memiliki manfaat yang berguna bagi tubuh kita. apa saja manfaat daun sirsal ini lah manfaatnya :

  1. rebusan daun sirsak juga bermanfaat untuk menyembuhkan sinus dan meredekan tenggorokan.
  2. Mengandung zat yang dapat menghentikan pendarahan rektum danjuga membuat otot-otot di sekitar dubur dan menjadi rileks, sehingga membantu penderita wasir.
  3. bankan dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat.
  4. ada juga penlitian yang mengungkapka bahwa daunsirsak berfungsi untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah. Juga mengandung serat dan antioksidan untuk mengusir kolesterol jahat dari makanan seperti gorengan.

Untuk memperoleh khasiat yang lebih, sebaiknya juga kombinasikan dengan makanan sehat yang lainnya. juga menerapkan pola makan yang sehat dan bergisi serta olahraga yang teratur sehingga kesehatan dan kebugaran tubuh kalian tetap optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *